SUPERMAN: GAMBAR YESUS

Posted on May 9, 2007

0


Superman adalah putra terakhir dari planet Krypton yang dikirim ke bumi sebelum planet itu musnah. Ia dibesarkan oleh keluarga Kent sebagai Clark Kent sebelum akhirnya ia tau panggilan hidupnya untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Look, up in the sky,
it’s a bird,
it’s a plane,
it’s…SUPERMAN!

Nggak ada superhero sepopuler Superman, sekalipun dia membawa bendera Amrik, tapi figurnya udah dianggap universal. Superman adalah superhero pertama dalam komik yang punya kekuatan super (superhero pertama yang berkostum adalah The Phantom).

ASALNYA PENJAHAT
Awalnya Jerry Siegel (penulis) dan sobatnya, Joe Shuster (ilustrator), pengen banget bikin komik strip buat di koran or majalah. Tahun 1933 terciptalah tokoh Superman dalam majalah bikinan sendiri berjudul The Reign of Superman, tapi karakternya adalah seorang penjahat super berkepala botak. Gara-gara ceritanya nggak heboh, lalu dibikinlah versi keduanya, kali ini Supermannya ada di sisi baik. Sayang, nggak ada satupun penerbit koran dan majalah yang tertarik memuat komikstrip mereka. Beruntung mereka ketemu sama M.C. Gaines yang merekomendasikan mereka pada D.C. Comics yang menganggap komikstrip mereka ‘colorful… different… and full of action’. Akhirnya Superman pertama muncul sebagai buku komik di buklan Juni 1938 (Action Comics #1) dan nge-‘bum’!

Baru pada April 1940 (Action Comics #23), Superman ketemu lawan seimbangnya, Lex Luthor. Lalu ceritanya berkembang ke sandiwara radio, di situlah cerita tentang kryptonite mulai muncul, juga tokoh Jimmy Olsen (temen kerja Clark Kent). Tahun 1941 Superman mulai difilm-kartunkan.

Tahun 1948 berkembang jadi serial film, dan mulai identik dengan Christopher Reeve ketika dia memerankannya sebagai Superman di layar lebar tahun 1978. Komik Superman selalu laku keras. Tercatat dalam sejarah yang menghebohkan adalah ketika penulis komik John Byrne menerbitkan “The Death of Superman” di Januari 1993, menimbulkan reaksi besar di masyarakat pecinta komik. Untunglah pada Oktober 1993 Superman bangkit kembali dan makin populer dengan serial tipi Lois and Clark: The New Adventures of Superman, Smallville, video games, buku, mainan, dsb.

SUPERMAN AND RELIGION
Meski datang dari background kristen Protestan, Superman sering digambarkan fleksibel dalam kekristenan. Dalam komik “Superman: For Tomorrow” (Superman #209-215) Superman diceritain ngobrol dengan seorang pastor katholik untuk pengakuan dosa, dan konseling dengan seorang pendeta. Dalam “Superman For All Seasons” Clark remaja bertanya pada pendetanya meminta pertolongan dalam pergumulannya karena bingung apa yang harus dia lakukan dengan segala kekuatan uniknya.

Kalo ditanya, “apakah Superman menyembah Tuhan? Apa yang dia minta kalo dia lagi berdoa?”, kira-kira apa jawabanya ya? Elliot S! Maggin, kepala penulis skrip komik Superman dari DC Comis menjawab, “Saya memberi semua karakter yang saya ciptakan agama mereka masing-masing. Itu bagian dari latar cerita. Itu bagian dari proses untuk mengenali karakter dengan baik sebelum menulis ceritanya. Jimmy Olson seorang Kristen Lutheran, Lois Lane Katholik, Lex Luthor beragama Yahudi. Bruce Wayne seorang Episcopalian. Clark Kent, sama seperti keluarga Kent, adalah seorang Methodist. …Saya pikir Superman terlalu rendah hati untuk meminta sesuatu dalam doa, tapi saya pikir dia berdoa secara spontan, terbiasa dan konstan, kayak kalo kita lagi berkata-kata pada diri sendiri or bersenandung ketika lagi mandi”. From: Mark Millar, “Superman: Red Son”, published 27 April 2003 in Sunday Times in Scotland (http://toothwatch.tripod.com/redson1.html; viewed 10 January 2006)

20 PERSAMAAN SUPERMAN DENGAN YESUS
Setelah lebih dari 20 tahun Superman absen di perfilman Hollywood, dia kembali bulan lalu dalam Superman Returns yang dibintangi Brandon Routh arahan sutradara Bryan Singer. Tapi taukah kamu kalo Superman Returns adalah sekuel dari Superman: The Movie (1978) dan Superman II (1981) yang dibintangi bintang legendaris Christopher Reeve (alm) arahan sutradara Richard Donner? Gwe bakalan sedikit bahas tentang dua film sebelumnya itu dari sisi yang lain.

Sementara Peter Parker bersembunyi dalam topeng Spider-Man dan Bruce Wayne menyamar menjadi Batman, Superman berlaku sebaliknya, ia bersembunyi di balik tampang culun dan bloon Clark Kent. Inilah yang membedakan tokoh Superman dengan superhero lainnya, diri sejati dari Superman bukanlah Clark Kent tapi Superman itu sendiri. Sama seperti dalam Jesus story, Tuhan yang sejati datang ke bumi berlaku seperti manusia dalam proyek keselamatan yang Ia rancang.

Anton Karl Kozlovic dari School of Humanities The Flinders University of South Australia menulis tentang figur Kristus dalam cerita Superman dengan judul Superman as Christ-Figure: The American Pop Culture Movie Messiah, ia menemukan sedikitnya 20 persamaan antara Superman dengan Yesus (dengan mengacu pada film Superman: The Movie (1978) dan Superman II (1981).

Pada skrip orisinilnya, Mario Puzo menulis cerita Superman: The Movie (disingkat S1) berdasarkan cerita mitologi Yunani. Tapi kemudian para penulis baru yang bergabung dan Richard Donner (sang sutradara) merombaknya. Awalnya Donner nggak mengakui adanya makna spiritual dalam S1, mungkin karena adanya ancaman dari berbagai pihak, “Saya pernah diancam, karena orang menuduhku membuat Marlon Brando (pemeran Jor-El, ayah Superman) sebagai Tuhan dan Reeve sebagai Yesus… Ada FBI dan LAPD mencari mereka”.

Tapi beberapa tahun kemudian ia dengan senang mengakui kandungan pesan penyelamatan mesias dalam filmnya, “Sudah menjadi rencana saya dari awal untuk membuat cerita tentang Brando mengirim Christopher Reeve ke bumi dan berkata ‘I send them my only son’. Itu adalah penggambaran Tuhan mengirim Yesus ke dunia”. Jadi bukan kebetulan jika banyak sekali simbolik Kristus dan adegan dalam S1 dan S2 yang terinspirasi ‘adegan’ dalam cerita Yesus dalam Alkitab.

Gwe setidaknya menemukan 20 Superman-Jesus parallels. Yang mana aja sih?
1. Kal-El (nama asli Superman) adalah anak asli satu-satunya dari Jor-El, sama seperti Yesus adalah ‘the only bego
tten son’ dari Allah Bapa (Yohanes 3:16).

2. Menurut komiknya, nama Kal-El berarti ‘Anak Bintang’. Lois ane menyebut Superman sebagai ‘teman dari bintang yang lain’. Yesus adalah ‘bintang timur yang gilang-gemilang’ (Wahyu 22:16).
3. Pesawat yang membawa bayi Kal-El berbentuk bintang terang di langit, menggambarkan bintang Bethlehem yang menunjukkan bayi Yesus (Matius 2:7-12).
4. Pesawat yang membawa bayi Kal-El terdampar di sebuah pedesaan membentuk kawah berbentuk rahim (atau palungan). Hal ini menggambarkan kelahiran bayi Yesus di pedesaan dalam sebuah palungan (Lukas 2:10-20).
5. Kal-El meninggalkan Krypton menuju bumi dan tinggal di Smallville. Lalu ia bersembunyi di Arctic (Fortress of Solitude) untuk menemukan dirinya yang sebenarnya sebelum kemudian pindah ke Metropolis untuk menunaikan tugas dari Jor-El. Yesus meninggalkan Surga menuju bumi dan tinggal di Nazareth. Ia kemudian pergi ke padang gurun untuk berpuasa 40 hari sebelum kemudian Ia kembali untuk menunaikan tugas mesiasnya dari Bapa.
6. Clark mempunyai ortu angkat Martha dan Jonathan. Yesus mempunyai ‘ortu angkat’ Maria dan Joseph (Yusuf).
7. Dalam versi komiknya, nama tengah Clark Kent adalah Joseph. Sebelum Clark menemukan jati dirinya sebagai Superman, Jonathan meninggal dunia. Yusuf tidak lagi diceritakan ketika Yesus dewasa, dalam beberapa versi tafsiran, ia meninggal dunia sebelum Yesus menunaikan tugasNya sebagai mesias.
8. Superman lebih sering menggunakan nama Clark Kent (yang diberikan ortu angkatnya) daripada nama Kal-El (nama yang diberikan Jor-El). Yesus adalah nama yang diberikan ortu angkatnya (Matius 1:25), nama yang diberikan Bapa adalah Imanuel (Matius 1:23).
9. Clark remaja (umur 18 tahun) masuk ke Fortress of Solitude di antartika untuk menemukan tujuan hidupnya. Dan di umur 30 ia berubah jadi Superman, itu berarti ada masa yang hilang yang tidak diceritakan. Cerita Yesus di Alkitabpun mempunyai masa yang ‘hilang’ alias tidak diceritakan, yakni antara umur 12 tahun ketika Ia mengajar di Rumah Allah (Lukas 2) sampe umur 30 langsung menuju cerita tentang Yesus dibaptis (Lukas 3).
10. Pada umur 18, Clark merasa mendengar panggilan dari utara untuk melakukan tugas ayahnya, lalu ia pergi menuju Antartika menemui Jor-El. Yesus dipanggil/dipimpin oleh Roh menuju padang gurun sebelum kemudian Ia melakukan tugasNya (Markus 1:12).
11. Tugas Superman dari Jor-El adalah untuk menolong membetulkan kesalahan-kesalahan di bumi yang hancur (to help right the wrongs of a troubled Earth). Yesus ditugasi untuk memulihkan bumi yang hancur dengan pesan kasih dari Tuhan.
12. Clark Kent punya kehidupan ‘normal’ sebagai pelajar dan kemudian jadi wartawan, selain sebagai Superman penyelamat dunia. Yesus pun punya kehidupan ‘normal’ sebagai tukang kayu dan pengajar (Markus 6:3), selain tugas utamaNya sebagai juru selamat yang juga melakukan mujizat.
13. Batman adalah alter egonya Bruce Wayne (pribadi aslinya adalah Bruce, bukan Batman). Berbeda dengan Superman, Clark Kent adalah alter egonya Superman (Superman adalah pribadi aslinya Clark, bukan sebaliknya). Yesus sebagai Tuhan adalah pribadi sejatiNya, Yesus sebagai manusia hanyalah sementara (2000 tahun lalu).
14. Luthor menawarkan Superman kekuasaan di dunia asal Superman mau bergabung dengannya. Superman menolaknya. Yesus pernah dicobai iblis yang menawarkan kekuasaan di dunia (Matius 4:8-9) tapi Yesus menolaknya mentah-mentah (Matius 4:10).
15. Lex Luthor hanya bisa mendeteksi Superman menggunakan gelombang Alpha. Nama lain dari Yesus adalah Alpha (Wahyu 1:8).
16. Lois Lane dibawa terbang oleh Superman, di angkasa Superman melepaskan tangannya. Awalnya Lois bisa terbang mengapung dengan mudah, tetapi kemudian ia takut dan akhirnya jatuh, lalu ditangkap oleh Superman. Paulus melihat Yesus berjalan di atas air, ia ingin juga melakukannya dan Yesus mengajaknya. Awalnya ia bisa berjalan di atas air, tapi kemudian ia takut sehingga ia tenggelam, lalu ditangkap oleh Yesus (Matius 14:25-31).
17. Superman punya kekuatan super dan banyak melakukan ‘mujizat’. Kalo Yesus? Jangan tanya.
18. Lois Lane mati tertimbun longsor gempa akibat bom nuklir Luthor. Superman memutar balik waktu sehingga Lois bisa ‘dibangkitkan’ lagi. Yesus banyak sekali melakukan mujizat membangkitkan orang mati, diantaranya Lazarus (Yohanes 11:41-44).
19. Superman bisa dengan mudah melepaskan diri dari kerumuman (misalnya ada satu adegan ia dikerubuti massa dan ia berputar seperti bor masuk ke dalam tanah). Yesus juga sering dapat menghindar kerumunan dengan mudah (Lukas 4:29-30).
20. Superman dirantai dengan batu Kryptonite oleh Luthor dan ‘dikubur’ dalam air, lalu Luthor meluncurkan dua bom nuklir untuk membuat gempa di California dan New Jersey. Tapi kemudian Superman bangkit lagi dan menggagalkan rencana Luthor. Yesus disalib dan mati lalu dikubur, kemudian terjadi gempa (Matius 27:54), dan tiga hari kemudian Ia bangkit dan menang (Yohanes 20).

http://budchrist.blogspot.com

About these ads
Posted in: JESUS, RENUNGAN, SUPERHERO