INDONESIA DI HOLLYWOOD

Posted on March 30, 2007

1


Taukah kamu kalo Indonesia sering muncul di film-film Hollywood?

Biasanya film Hollywood akan mengunakan nama, tempat atau karakter dari Asia untuk menggambarkan sesuatu. Misalnya kalo ada orang Jepang biasanya untuk menggambarkan orang yang pintar, ahli teknologi atau geek (kutu buku). Orang Cina untuk menggambarkan budaya yang tinggi atau jago kungfu/bela diri.

Kalo Indonesia?
Memang sih karakter tokoh orang Indonesia kayaknya belum pernah mncul d film Hollywood (setau saya) tetapi nama dan imej Indonesia sering juga muncul di sana, dan biasanya untuk menggambarkan ‘primitif’ atau ‘antah berantah (jauh)’.

Misalnya:
– Di film King Kong (versi tahun 1933 ataupun 2005), disebutkan kalo pulau tempat King Kong berada adalah di pulau Tengkorak, berada di lautan sekitar Indonesia (untuk menggambarkan bahwa pulau itu jauh dan primitif). Makanya kapal laut yang membawa King Kong adalah kapal Soerabaja (Surabaya).

– Di film Jumanji, ketika Robin Williams kembali ke dunia nyata dari hutan maya dengan berpakaian seperti orang gila, ia hendak ditangkap oleh polisi karena dianggap membuat onar. Tetapi Kirsten Dunst mengelabui si polisi dengan mengatakan bahwa Robin adalah pamannya yang berasal dari Indonesia (agar si polisi gak banyak tanya lagi soalnya Indonesia dianggap jauh dan primitif, seperti kelakukan Robin Williams saat itu).

– Dalam salah satu episode serial Smallville, pacar masa SMA Lana Lang mendaftarkan diri menjadi tentara untuk di kirim ke Aceh Indonesia (untuk mengambarkan medan perang yang jauh dan ganas) dan mati di sana.

Hmmm… kayaknya masih banyak deh. Cuman saya lupa! Abis gak dicatet sih kalo nonton. Entar kalo nemu lagi saya masukin lagi deh.

Semoga di masa depan, imej Indonesia akan menjadi lebih baik di mata Hollywood, dan karakter tokoh orang Indonesia akan muncul sebagai hero. (F!)

Posted in: Uncategorized