KITA ADALAH SUPERMAN!

Posted on May 9, 2007

1


Kita adalah Superman! Hah?! Maksud lo? Superman bisa terbang, sedangkan gwe bisa terbang kalo punya tiket Garuda. Superman bisa liat tembus dinding, …gwe juga bisa sih, tapi cuma tembus plastik. Superman bisa angkat mobil dengan satu tangan, gwe juga bisa angkat dengan satu tangan… tapi bukan mobil, cuma donat. Lalu… apa samanya gwe ama Superman?

1. Superman adalah seorang alien, makhluk asing, bukan manusia yang berasal dari dunia ini. Dan gue mau kasih tau kamu something incredible: kita juga semacam alien! Di Yohanes 17:16 Yesus bilang tentang murid-muridnya “They are not of the world just as I am not of the world.” (NKJV, “Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia”).

2. Superman punya kekuatan super di bumi lantaran efek dari kekuatan asalnya di planet Krypton. Di ayat diatas dibilang kita berasal dari tempat yang sama dengan Yesus. Bayangin kekuatan super-nya Yesus… dan bayangin kita juga pasti ketularan efek yang sama. Apalagi Alkitab bilang: “Segala hal dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku” (Filipi 4:13), Yesus memberikan kekuatan ‘super’-nya pada kita! Apa aja kekuatan super itu? Satu, kita punya kuasa Yesus (Yohanes 14:12, Matius 28:19-20 dan masih banyak lagi deh!). Dua, kita punya kekuatan supranatural (Markus 16:17, Filipi 4:13). Tiga, kita punya perlengkapan super senjata Allah (Efesus 6, 2 Korintus 10:5, 1 Korintus 12-14).

3. Yesus bilang kita bisa ngelakuin apapun yang pernah dilakukan Yesus semasa Dia hidup sebagai manusia di bumi, bahkan bisa ngelakuin perkara yang lebih besar! LEBIH BESAR LHO! Nah, apa aja sih yang pernah Yesus lakuin di bumi dulu? Dia menyembuhkan orang sakit, berjalan di atas air, mengubah air menjadi anggur, bikin orang buta bisa melihat, nyembuhin orang lumpuh, bangkitin orang mati, berbicara dengan kuasa, mengasihi semua orang, dsb, dll, dst. Nah, Yesus bilang kita juga bisa melakukan hal yang sama bahkan lebih besar: kita bisa membuat orang berubah dan berbalik pada Yesus dan mendapatkan keselamatan dengan Kasih! Itulah kekuatan paling penting.

“Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”. Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.” (Markus 16:15-20).

HATI-HATI KRYPTONITE!

Kayak Superman yang kalah sama batu Krypton, kita juga punya kelemahan. Batu Krypton kelemahan kita adalah:

1. Kesombongan. Kalo kita diberi kekuatan sama Tuhan untuk ngelayani orang lain yang membutuhkan kita (kayak Superman yang suka menolong yang lemah dan memberantas kejahatan) maka kita bakalan diserang oleh yang namanya kesombongan. Padahal, Yesus bilang kalo segala kemuliaan itu hanya bagi Tuhan. Kekuatan yang kita punya adalah pemberian dari Yesus dan digunakan untuk melayani orang lain, bukan buat kesombongan. Salomo yang punya kuasa dan hikmat dan kekayaan dari Tuhan pun akhirnya harus ‘jatuh’ gara-gara sombong (baca apa yang dipikirin Salomo sebelum jatuh di Pengkhotbah 17:16).

2. Lemah iman. Ini hampir kebalikannya dari kesombongan tapi negatif, kita justru malah nggak pede sama karunia or kuasa yang udah diberiin ama Tuhan. “Ah, gue cuma manusia biasa, penuh bergelimang dengan dosa, mana mungkin aku bisa ngedoain orang en orang itu jadi sembuh?”. “Kamu aja deh yang maju… gue kan cuma jemaat biasa!”. ‘Kerendahan hati’ yang palsu ini bisa bikin kekuatan Tuhan jadi malfunction alias error-error-error, tut-tut-tut. Hei! Baca yang lengkep di Efesus 5:8-14, kita harus bangun dan bersinar!!! Percaya apa yang dikatakan Tuhan dan lakukan dengan kuasa! You are powerful

“Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” Ibrani 12:1

3. Dosa. Mau dibilang kecil or gede, mau bentuknya apapun, dosa itu adalah Kryptonite buat kita, menyedot semua kekuatan super kita. Kita harus lari daripadanya, sebab Kryptonite itu bakalan bikin kita mati (baik roh maupun fisik kita)!

“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 6:23).

JADILAH SUPERMAN!

Kamu adalah Superman bagi dunia ini, mau percaya or nggak. Kayak Jor-El (bapaknya Superman) yang mengutus Kal-El (Superman) buat nyelametin bumi dari kehancuran, Bapa kita di Surga juga kayaknya nggak ada pilihan lain selain harus percaya pada kita untuk mengemban misi yang pernah Yesus emban dulu. Kita-kita adalah harapan Tuhan untuk membuat dunia jadi lebih baik.

Tapi, apa yang terjadi kalo Clark Kent tetep pake kacamatanya en berlagak bego ketika ada orang yang harus ditolong? Apa yang terjadi kalo Batman tetep nginep di Batcave-nya nonton tipi padahal si Joker lagi ngerampok bank? Apa yang terjadi kalo Peter Parker sibuk nyari duit motretin orang sementara ada nenek-nenek diculik Green Goblin?

“…Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:18)

Lagipula… kalo kita udah Tuhan kasih kekuatan ‘super’ tapi kita nggak menggunakannya, itu dosa lho! “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.” (Yakobus 4:17). Bahkan kalo kita nggak memperingatkan orang akan kesalahan mereka, kita juga kena getahnya lho (baca: Yehezkiel 3:13-19).

So… lain kali kalo ada temen butuh bantuan kamu, kenapa nggak dengan senang hati kamu bantuin? Kalo sekolahmu kena ‘kesurupan nasional’, ngapain panggil-panggil paranormal! Maju bawa nama Yesus yang berkuasa mengusir iblis. Kenakan perlengkapan senjata supermu dan go save the world! (F!)

Posted in: RENUNGAN, SUPERHERO