MANA BISA MENANG?

Posted on February 1, 2008

1


Lawanku lagi ngedribble bola di depanku, emang susah sekali ngerebut bola dari dia waktu itu. Beberapa kali dia coba nyikut aku, alis matanya menajam… mulutnya komat-kamit ngata-ngatain aku, “AWAS, LU!” katanya nakut-nakutin, tapi aku bales, “Emang gue pikirin!” sambil aku halangi dia pas dia mo nge-shoot ke keranjang, AH… dapet! Bola ku dribble ke arah pertahanan lawan, ku over ke temenku, kini giliran dia berusaha keras.. sampai akhirnya bola di over dan shoot! MASUUUK!

Hidup anak-anak Tuhan di dunia gak jauh beda ama pertandingan. Kita harus berlatih dan berusaha sebaik mungkin untuk menang. Ulangi: Untuk Menang!
Huh! Emangnya gampang! Lawan kita itu raksasa-raksasa, tau! Atau kalo di pertandingan basket itu tiang-tiang listrik semua! Mana bisa menang?!

SUDAH MENANG
Cool-cool! Jangan sewot duluan. Ada yang kelewat: TUHAN SUDAH MEMBERIKAN KEMENANGAN ITU BUAT KITA. Lalu ngapain kita susah-susah,man? Hei! Tuhan kita Yesus Kristus adalah Pelatih yang baik dan terbaik, IA selalu menyertai kita, memberi kita semangat.. so, setiap bangun tidur kita ada di zona latihan en berlatih tiap hari dengan sparing partner kita si iblis yang kita jadiin sasaran latihan agar kita pintar berperang en menang!

“..maksudnya hanyalah supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah dilatih berperang olah Tuhan.” (Hakim-hakim 3:2).

“..Sebab Tuhan Allahmu, DIAlah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu” (Ulangan 20:4).

So kenapa kita banyak yang gak menang?
“..berapa lama lagi kamu bermalas-malas sehingga tidak pergi menduduki negeri yang telah diberikan kepadamu oleh Tuhan?” (Yosua 18:3)

Males. Itu dia masalahnya. Pergi! Raih kemenangan itu, berlatih, baca Firman, doa, beritakan Firman, tengking iblis, melayani Tuhan, kerja-kerja-kerja buat Tuhan dan buat jiwa-jiwa, dan kemenangan itu ada di tanganmu!

BUAT APA MENANG?
Menang. Menang…? Menang apaan maksud lo? Ya… menang melawan iblis dan yang terpenting: menang melawan diri sendiri, kedagingan, ego, ke’aku’an kita.

Buat apa kita menang… emang kalo menang kenapa gicu? Lo mo ngasih apa ma gua, istilahnya. Ada tiga tujuan kenapa kita harus menang lawan iblis dan diri sendiri.

Pertama ialah agar tubuh-jiwa-roh kita terhindar dari masalah yang tidak seharusnya kita alami sebagai akibat kekalahan kita, misalkan kekeringan rohani atau masalah-masalah lain gara-gara kita jatuh dalam kekalahan.

Kedua ialah berperang untuk menang adalah kesempatan kita untuk bertumbuh, kalo gak masuk dalam zona latihan or zona perang tiap hari, maka roh kita bakalan sulit bertumbuh, gak ada exciting-nya, rasanya adem ayem.., tenang, akhirnya kering dan lesu.

Ketiga kalo kita menang maka kita akan mengangkat tim kita (gerejaNya) dan tentunya memuliakan Pelatih kita, Yesus Kristus. Liat aja kalo tim basket menang pasti pelatihnya ikutan naek daun, ner-gak!?

“Barangsiapa menang ia akan Kududukan bersama-sama dengan AKU di atas takhtaKU, sebagaimana AKUpun telah menang dan duduk bersama-sama dengan BapaKU di atas takhtaNya.” (Wahyu 3:21).

Posted in: RENUNGAN