JADUL TO UPGRADE

Posted on November 6, 2008

1


Film-film remake pahlawan Hollywood gak bakalan seru kalo gak sampe nge-upgrade kendaraan andalan para ksatria jalanan ini. Apalagi kalo film-film originalnya udah jadul banget, so pasti upgadenya abis-abisan. Coba kita liat beberapa kendaraan-kendaraan jadul vs upgrade berikut:

Batcycle (Batman TV Series 1966) to Batpod (The Dark Knight 2008)

Batmobile (Batman 1989) to Batmobile (Batman Begins 2005)

KITT 2000 (Knight Rider 1986) to KITT 3000 (Knight Rider 2008)

Bumblebee Volkswagen (Transformers 1984) to Bumblebee Camaro (Transformers 2008)

Berkuasa dan asik!
Kita-kita yang ngakunya anak Tuhan en muridnya Yesus, gak asik banget kalo dari dulu ampe sekarang masih sama: jadul. Apalagi mau masuk duaribusembilan, wah harus upgrade deh.

Kalo dulu ‘biar miskin asal masuk surga’ sekarang ‘biar kaya asal masuk surga’, wekekeke. Kalo dulu pelayanan kalo cuman di gereja, sekarang pelayanan dimana-mana. Kalo dulu ‘asal sama Tuhan, gak punya temen gapapa’ sekarang ‘Tuhan seneng, temen banyak’. Kalo dulu gak peduli penampilan asal deket ama Tuhan, sekarang ‘Tuhan melihat hati, manusia melihat penampilan!’. Upgrade biar tambah keren. Keren di hadapan Tuhan, asik di hadapan manusia. “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (I Timotius 4:12).

Liat Yesus: “Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.” (Lukas 2:52). Liat Samuel: “Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia.” (1 Samuel 2:26). Mereka gak cuman disayang Tuhan tapi juga disukai manusia. Upgrade!

“Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran (pleasing GOD – vertikal), damai sejahtera (living in peace – horizontal) dan sukacita (true happiness – diri sendiri) oleh Roh Kudus. Karena barangsiapa melayani Kristus dengan cara ini, ia berkenan pada Allah dan dihormati oleh manusia.” (Roma 14:17-18) (yang dicetak tebal adalah terjemahan dari Contemporary English Version)

Supaya berkenan sama Tuhan dan dihormati manusia, kita harus seimbang dalam vertical dan horizontal, jangan Cuma vertical doing or horizontal doing. Kita harus powerful (berkuasa) yakni (a) Bisa menguasai dirinya sendiri à dimulai dengan gambar diri yang pulih, (b) Berpengaruh di lingkungannya à mengusahakan diri agar berkembang dengan tujuan menyenangkan hati Tuhan dan memberkati orang lain. Kekuasaan yang dimaksud bisa berupa manifestasi roh, tapi juga skill, kepintaran, kebijakan, kerendahanhati, sehat jasmani.

Dan kita juga harus groovy alias asik. Asik di hadapan Tuhan dan manusia, dengan cara (a) Bergaul dan akrab dengan Tuhan. Menjadikan doa sebagai gaya hidup. Mengambil keputusan selalu berdasarkan komunikasi denganNYa. TAAT (cin-TA dan TA-kut Akan Tuhan), dan (b) Disenangi dan disegani manusia. Peduli keluarga, teman dan lingkungan, mengutamakan orang lain daripada diri sendiri, menjaga penampilan, pandai bergaul, berwawasan luas, melayani orang lain.

Tapi inget, dihormati-disegani-disayangi sama manusia teuteup motivasinya karena cinta Tuhan, bukan buat diri sendiri. Ketika kita sekolah, bekerja, melakukan apapun kita melakukannya lebih dari yang seharusnya kita berikan… karena itu semua untuk Tuhan!

“Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” (Matius 5:41-48).

Vrooom! Vroom! Upgrade! (F! http://www.kacamata3d.blogspot.com/)