BAHTERA NUH DI HOLLYWOOD

Posted on May 14, 2009

0


Cerita Alkitab apa yang paling banyak menginspirasi film-film Hollywood? Jawabannya mungkin cerita Nuh dan bahtera-nya. Bencana alam terdahsyat yang pernah diceritain di Alkitab ini memang seru banget, sampe-sampe Hollywood beberapa kali mengangkatnya ataupun sekedar terinspirasi olehnya. SPOILER! (F! www.kacamata3d.blogspot.com)

KNOW1NG (2009)
Bahtera: pesawat angkasa

Buat kita yang akrab sama cerita Alkitab, mungkin film ini mengingatkan kita pada rapture atau pengangkatan karena ada ‘pengangkatan oleh UFO’ pada bagian akhirnya. Tapi sebenarnya cerita ini terinspirasi oleh cerita Nuh, ini diakui oleh Ryne Douglas Pearson (penulis skripnya). Bahkan awalnya tokoh utama film ini adalah seorang ayah bernama Adam dengan anaknya Noah (yang kemudian diganti namanya menjadi John dan Caleb). John/Adam menggambarkan orang yang tertinggal dan Caleb/Noah menjadi orang yang masuk dalam bahtera (spaceship/UFO) pada saat bencana kiamat terjadi.

Nggak kayak film-film ‘kiamat’ lainnya (misalnya Armageddon, The Day After Tommorow, The Day The Earth Stood Still, dsb), kiamat dalam film Know1ng gak bisa dicegah sama si manusia. Letupan api matahari yang membakar seluruh bumi menghanguskan semua yang ada di permukaan bahkan sampai ke lapisan dalam bumi. Film ini sukses membuat penontonnya berpikir tentang sebuah kekuatan maha dahsyat yang gak bisa dilawan oleh otak dan otot manusia, dan bahwa suatu saat akan tiba waktunya manusia akan menyerah pada kekuatan absolut itu, yakni Tuhan.

THE DAY THE EARTH STOOD STILL (2008)
Bahtera: kubah/bola raksasa UFO

Diceritakan jagat ini penuh dengan planet-planet berpenghuni, salah satunya bumi. Dan ada satu ‘penguasa jagat’ yang bertugas melindungi planet-planet ini, secara berkala mereka memeriksa dan memulihkan planet yang rusak dengan berbagai cara. Suatu saat, tibalah ‘penguasa’ ini ke planet bumi, mereka menilai planet bumi ini sudah rusak, dan penyebab utamanya adalah manusia. Maka diambil keputusan untuk memusnahkan manusia, menyelamatkan berbagai spesies binatang, dan membangun kembali spesies baru yang dianggap bisa memelihara kelestarian bumi. “If the earth dies, humans die. If humans die, the earth lives,” ujar Klaatu, si alien yang bertugas bernegosiasi dengan pemimpin bumi.

Film ini memang bukan film rohani, tetapi menceritakan kembali cerita bahtera Nuh. Ketika manusia secara umum merusak bumi, gak ada cara lain selain memusnahkan spesies perusak ini. Tapi kiamat batal terjadi, ketika manusia menunjukkan sikapnya untuk berubah.

EVAN ALMIGHTY (2007)
Bahtera: perahu raksasa yang dibangun oleh Evan

Tuhan kembali datang mencari hambaNya untuk menyampaikan pesan pada umat manusia. Kini ia menjatuhkan pilihan pada Evan Baxter, seorang calon pejabat yang lagi seru-serunya berkampanye dengan slogan ‘mengubah dunia’. Kini Tuhan menantangnya untuk mengubah dunia dengan menyuruh Evan membangun sebuah bahtera raksasa dan menyelamatkan binatang-binatang dari air bah!

ICE AGE 2: MELTDOWN (2006)
Bahtera: batang kayu raksasa yang tumbang

Tiga sekawan hewan jaman es (Sid, Manny dan Diego) menghadapi ramalan akan adanya banjir besar yang melanda kawasan es gara-gara global warming masa itu. Mereka dan kawanan binatang lainnya harus mengungsi dan mencari sebuah bahtera (berupa batang pohon raksasa yang tumbang) agar dapat selamat dari air bah.

DEEP IMPACT
Bahtera: Gua bawah tanah

Sebuah meteor mengarah menuju bumi dan akan menghancurkannya. Presiden Amrik akhirnya melancarkan ‘Operation Noah’s Ark’ dengan memilih orang-orang yang bisa diselamatkan untuk masuk dalam sebuah gua bunker bawah tanah agar bisa bertahan hidup selama 2 tahun dari pasca bencana.

Film ini banyak sekali menggunakan simbol dan istilah Alkitab, misalnya kerap kali presiden Amrik mengutip ayat, lalu sebuah pesawat yang dinamai The Messiah (juruselamat) diluncurkan untuk menghambat laju meteor, dsb.

Posted in: bible, movie, POPULAR