Pembentuk Gaya Hidup

Posted on March 2, 2010

4


Gaya Hidup atau lifestyle bisa terbentuk seiring dengan perkembangan jaman, alias mengikuti trend yang ada, bisa juga terbentuk karena watak dan kepribadian kita, keluarga dan pergaulan dan yang juga nggak bisa dianggap remeh, karena pengaruh media. Kira-kira apa aja yang bisa mempengaruhi terbentuknya gaya hidup?

Media Massa

Memang nggak semua media bawa pengaruh yang jelek, tapi tahu nggak kalo media itu udah jadi ortu en guru sampingan buat anak-anak muda jaman sekarang. Generasi kita udah lebih banyak nonton TV, film, baca, buka komputer, daripada ngomong sama ortu kita, akibatnya cepet sekali trend yang baru mewabah di dunia ini. Anak cewek pada niru pakaian Britney Spears yang bikin obat tolak angin laku keras (hehe), cowok-cowok rela ngabisin hair-gel alias minyak rambutnya biar kayak Roger di sinetron Siapa Takut jatuh Cinta. Atau cewek-cewek yang manyun gara-gara pacarnya nggak seromantis Tao Ming Se di serial Meteor Garden. Hanya dalam beberapa hari saja VCD porno dari mahasiswa di Bandung udah jadi trend dan tersebar ke seluruh Indonesia bahkan sampe ke .

Itu baru suatu trend yang mungkin lama-lama bosen en berganti dengan trend yang laen, but trend demi trend, kebiasaan demi kebiasaan yang ia contoh dari apa yang ia lihat lama-lama menjadi gaya hidup seseorang. MTV, 25 tahun yang lalu, tanggal 1 Agustus, mulai ngudara dengan satu kalimat pembuka: “Ladies and gentleman.. Rock and Roll!!”, dan akibatnya, satu generasi lahir: generasi MTV. MTV sudah diakui sukses mencetak satu generasi dan merubah gaya hidup generasi sebelumnya, sesuai dengan visi dan misi MTV sendiri. Bagaimana tidak, MTV mengudara dengan memutar videoklip musik sepanjang hari, nonstop yang membuat musik bukan cuman terdengar bagus tapi juga terlihat bagus, meroketkan banyak idola dan membuat budaya yang beragam menjadi satu: budaya MTV.

Belum lagi menurut suatu penelitian, media cetak menempati urutan tertinggi yang memberikan pengaruh seksualitas buat remaja. Bacaan-bacaan yang nggak senonoh, majalah-majalah yang mengkultuskan idola en gaya hidup yang ditawarkan udah banyak merubah kehidupan anak muda di seluruh dunia.

Orangtua

Biar banyak teori di dunia ini yang berubah, tapi tetap aja pendapat bahwa didikan orang tua dan apa yang dilakukan orangtua pada anak akan memberikan pengaruh besar, akan tetap berlaku. Buah jatuhnya tak akan jauh dari pohonnya, anak akan meniru apa yang dilakukan ortunya. Jadi jangan anggap enteng didikan ortu.

Kepribadian

Gaya hidup seseorang juga dipengaruhi oleh kepribadian orang tersebut. Tiap kepribadian punya segi positif dan negatifnya, so.. kita tinggal kenali diri kita baik-baik, kembangkan yang positifnya dan berusaha merubah yang negatifnya, tentunya dengan kekuatan dari Tuhan.

Teman & Lingkungan Pergaulan

Teman  dan pergaulan akan punya pengaruh besar dalam kehidupan kita, ada orang bilang sahabat kita itu seperti elevator, dia yang akan bawa kita naik atau turun.

Lantas, setiap anak Tuhan jadi eksklusif dong? Bukan gituu, temenan ama mereka sih ok-ok aja, tapi jangan sampai terseret, jangan sampai mereka benar-benar jadi sahabat yang mempengaruhi kita, karena justru kita yang harusnya memberi pengaruh dan menyeret mereka. Karena itu, seret..!! Eh, salah, be light..!!

(disadur dari majalah GFresh!)

Posted in: Uncategorized