Tips Bertelepon

Posted on March 3, 2010

0


1. Bertelepon yang sopan adalah masalah kebiasaan, so biasakanlah kita bertelepon dengan baik. Bagusnya kalo mau nelpon itu pagi hari, karena di pagi hari biasanya orang belum terlalu banyak beraktifitas, masih segar en fresh!

2. Ucapin salam, misalnya saja: “Selamat pagi”, dll.

3. Smile! Sewaktu kita bicara sama lawan bicara kita dengan tersenyum, suara kita bakalan kedengernya lebih menyenangkan.

4. Jangan lupa untuk memperkenalkan namamu sewaktu teleponmu dibalas, soalnya meskipun udah kenal…, siapa tau lawan bicara kita nggak kenal suara kita, apalagi jika yang menjawab telepon adalah orang yang belum tau siapa kita.

5. Kalau ada telepon lain yang masuk, jangan langsung maen hold aja, mintalah ijin dahulu sama lawan bicara kita. Inget, kita juga nggak suka kalo disuruh nunggu terlalu lama.

6. Bilang makasih sama lawan bicara kita, atau kalau itu sahabatmu yang sudah akrab, jangan lupa sampaikan salam perpisahan saat mengakhiri pembicaraan di telepon. Jangan langsung di tutup aja ya telponnya.

7. Kalo orang yang bersangkutan nggak ada di tempat dan kamu ingin menitip pesan, tanya dulu apakah lawan bicara kita keberatan untuk dititipin pesan, jangan sampai berkesan seperti menyuruh.

8. Kalo mo titip pesan, titiplah pesan yang singkat tapi jelas, supaya orang yang dititipi pesan itu tidak mudah lupa en juga nggak repot.

9. Supaya kita nggak ditelepon berulang-ulang dengan orang yang sama, buatlah janji kapan sebaiknya mereka menelepon.

10. Sebaiknya jangan nelpon kalo kita lagi mengemudi, sekalipun kita pake hands free. Itu bikin konsentrasi di jalan dan di telpon rada buyar.

Posted in: TIPS