Merawat Gigi

Posted on March 5, 2010

2


–   Jangan langsung sikat gigi sesudah makan!, sebab setelah makan ph mulut akan turun sampai mencapai titik kritis sehingga ‘suasana’ mulut menjadi asam yang akan membuat gigi semakin cepat aus. Tunggulah 30 menit, beri kesempatan bagi ludah untuk menetralisir.

–   Jangan menyikat gigi dengan sikat kawat! Hehe, sikat gigi yang baik adalah yang bulunya lembut dan di ujungnya ada bulatan-bulatan kecil seperti sisir (hanya dapat dilihat dengan mikroskop). Selain itu, jika dipakai tidak melukai gigi.

–   Jangan terlalu sering menyikat gigi karena menyebabkan gigi cepat rusak, tapi jangan jarang juga nanti hubungan kamu dengan temen-temen yang malah rusak gara-gara bau mulut, hehe.

–    Gigi yang hilang (karena dicabut) harus segera diganti dengan gigi baru agar gigi sebelahnya tidak miring dan bergerak menuju tempat yang kosong, karena gigi manusia itu selalu berubah akibat adanya tekanan pipi, aktivitas makanan dan bicara serta tekanan gigi sendiri.

–   Kunyahlah makanan sekitar 40 kali agar lambung nggak bekerja terlalu keras.

–   Kurangi konsumsi teh, kopi, dan softdrink, karena minuman tersebut dapat mengubah warna gigi.

–   Kunyahlah makanan yang mengandung flour, kalsium dan berserat contohnya tebu, apel dan bengkuang sangat baik untuk gigi.

–   Pada saat menyikat gigi, tutup keran airnya, jangan biarkan mengalir terus… biar hemat air, hehehe. (anakmuda.net)

Tagged: , , ,
Posted in: TIPS