Rasa Malu (Gambar Diri Rusak)

Posted on March 14, 2010

0


Inti dari semua penyebab gambar diri yang rusak ada empat. Keempatnya merupakan kepercayaaan yang salah tentang konsep gambar diri. Dari setiap contoh kasus yang sudah dipaparkan, mengarah pada keempat kepercayaan yang salah tersebut, salah satunya yakni: Rasa malu

Mottonya : “Saya memang begini. Saya tidak bisa berubah. Saya tidak berpengharapan”

Tipuan ini mengikat orang-orang sehingga menjadi pesimis dan putus asa dengan harga diri yang buruk. Pendapat tentang dirinya sendiri didasarkan pada kegagalan-kegagalan masa lalunya – itulah dia yang selalu gagal. Dia tidak percaya bahwa dia bisa saja berubah dan membangun suatu kehidupan baru. Mereka gampang menyerah. Masalah-masalah yang umumnya berkaitan dengan rasa malu.

A. Rendah Diri

Perasaan rendah diri merupakan akibat dari pola-pola kegagalan yang sudah lama. Ada suatu perasaan jijik pada diri sendiri akibat pengalaman-pengalaman tertentu yang menyakitkan hatinya, misalnya pengalaman dilecehkan secara seksual, difitnah, diperlakukan secara tidak adil, dsb. Pengalaman ini terus menghantuinya, yang akhirnya membuat dia merasa tidak layak.

B. Kasihan kepada diri sendiri

Ketakutan akan dilukai atau ditolak lagi membuat dia menarik diri ari semua interaksi. Dia mungkin aktif secara sosial, tapi tidak mengijinkan orang lain benar-benar mengenal siapa dia sebenarnya. Rasa malu yang begitu dalam membuatnya menarik diri dari orang lain, merasa asing, dan mengalami rasa kesepian yang luar biasa. (anakmuda.net)

Tagged:
Posted in: ARTIKEL