Dampak Gambar Diri Rusak

Posted on March 15, 2010

0


Banyak banget dampak dari gambar diri yang rusak, dan yang pasti, semuanya negatif. Berikut kamu bisa simak beberapa diantaranya:

1. Merasa minder

Perasaan minder, tidak berarti, tidak berharga merupakan dampak paling umum yang terjadi pada seseorang yang mengalami gambar diri yang rusak. Orang-orang jenis ini tidak bisa menghargai dan mencintai diri mereka sendiri, dan hal ini menyebabkan orang lain  juga tidak menaruh respek terhadap diri mereka.

2. Trauma

Karena kekecewaan yang dialami, seseorang bisa menderita trauma dan berusaha sekuat tenaga untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang menyakiti hatinya itu. Misalkan saja, seseorang yang berasal dari broken-home family berkaul tidak mau menikah seumur hidupnya karena dia takut akan perceraian. Dia takut dia akan mengalami apa yang telah dialami orang tuanya.

3. Obat-obatan

Obat-obatan merupakan jalan pintas yang paling gampang bagi orang yang telah kehilangan gambar diri. Kelihatannya drugs bisa membuat kita melupakan masalah  and bikin kita happy. Tapi kenyataannya, bukannya solve the problem malah nambahin satu lagi tumpukan masalah. Bikin kecanduan dan bisa-bisa meninggal gara-gara od (over dosis).

4. Free sex

Harus kita akui bahwa free sex makin marak terjadi di kalangan anak muda. Banyak anak muda tidak menjaga kekudusannya dan bebas melakukan hubungan seksual dengan siapa saja yang mereka sukai. Mereka tidak menyadari gambar diri mereka sebagai ciptaan Tuhan yang sudah ditebus dengan harga yang mahal. Mereka tidak menyadari bahwa tubuh mereka adalah bait Allah, dan mereka menyia-nyiakannya dengan pergaulan bebas.

5. Penyimpangan seksual

Selain karena faktor lingkungan dan pergaulan, kepahitan juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya penyimpangan seksual. Misalkan saja, ada seorang anak gadis yang mempunyai ayah yang sangat keras dan otoriter. Gadis ini sangat benci pada ayahnya, malah dia jadi membenci semua pria yang ada, karena dalam dirinya gambaran semua pria adalah sama dengan gambar diri ayahnya yang otoriter. Gambaran yang diperolehnya adalah bahwa semua pria itu brengsek, kerjanya cuma menyakiti hati istri dan anak-anaknya. Dia mulai merasa lebih nyaman bila berada disekeliling wanita. Lama kelamaan, dia mulai merasa tertarik secara fisik dan memiliki nafsu terhadap sesama wanita.

6. Bunuh diri

Orang yang sudah benar-benar frustrasi dan kehilangan gambar dirinya, cuma punya satu solusi yang kelihatannya paling masuk akal untuk dilakukan, yaitu: bunuh diri! Hii! Serem ya!  Kok malah dipikir masuk akal, jelas-jelas bunuh diri bukan solusinya, tapi mana bisa berpikir seperti itu kalo pikiran kita udah dijejali dengan segala masalah dan problema yang ada???

Guys, please remember! Kita adalah kepunyaan Tuhan dan kita sangat berharga di mataNya!!! Apapun masalah yang kita alami, gak peduli betapa besarnya kesalahan yang kita perbuat, gak ada yang bisa merubah kenyataan itu! Kita akan tetap menjadi kepunyaan dan kesayangan Tuhan no matter what!!!

Betapapun besarnya masalah yang kita alami, our God is GREATER!!!  And God is able!!!  So, let’s give God space to work in us, untuk campur tangan dalam hidup kita, biar Tuhan sendiri yang memulihkan gambar diri kita.  (anakmuda.net)

Tagged:
Posted in: ARTIKEL