Senang Mengerjakan PR

Posted on March 25, 2010

0


1. Buat target dalam jangka pendek. Supaya kamu semangat ngerjain PR, karena PR itu gunanya untuk melatih kita. Misalnya aja: Gue mau masuk rangking sepuluh besar di caturwulan ini. Kalo kamu udah bisa netepin target jangka pendek ini, kamu bakalan dengan mudah membuat target untuk jangka panjang. Nggak usah membuat target yang terlalu muluk-muluk, tapi buatlah suatu target yang bisa kamu raih.

2. Ambil kertas en pena, lalu buat jadwal belajar kamu di rumah dan tempelin di dinding kamar or di meja belajar kamu. Kenapa mesti ditulis, well jawabannya simple aja, soalnya jadwal yang cuma diucapin atau dicatat dalam hati bakalan dengan mudah dilupakan en dilanggar begitu saja. Jadi biar kamu selalu inget en jadi ‘malu’ kalo nggak ngejalaninnya, menulis en menempelkan jadwal bisa jadi alat efektif buat mengingatkan kamu.

3. Atur waktu buat nyelesein PR bareng temen. Cobain deh! Rasanya bikin PR bareng temen lebih asyik ketimbang ngerjainnya sendiri. Nggak ada salahnya sekali-kali kamu nimbrung bareng temen-temen buat ngerjain PR, seudahnya kan bisa makan-makan bareng tuh. Asyik juga kan!

4. Kerjain dulu PR yang sulit or yang kurang kamu sukai, begitu juga buat soal-soal yang sulit, lebih baik dikerjain dulu deh. Why? Karena kalo kamu ngerjain tugas yang nggak kamu suka or sulit lebih dulu, pikiran kamu masih fresh en bisa berpikir jernih, jadi kamu nggak akan kehilangan energi waktu nyelesein tugas itu. Tapi kalo-kira-kira PR yang sulit itu nggak bakalan kekerjain hari ini, kerjain dulu yang mudah biar nggak buang waktu.

5. Kalo kamu menemukan kesulitan dalam membuat PR, nggak ada salahnya kamu minta tolong en  bertanya sama ortu kamu. Siapa tau mereka bisa membantu. Tai kalo kamu jarang bertanya, bisa jadi ortumu beranggapan kalo kamu nggak menghadapi kesulitan dengan tugas belajar yang mesti kamu kerjain itu.

6. Cobalah untuk berpikir positif! Apapun tugas yang kamu dapet, coba berpikir positif waktu ngejalaninnya. Sadari, siapapun yang ngasih tugas itu, dan seberat apapun tugas yang mesti kamu selesaikan, itu semua baik buat kamu dan itu untuk kebaikan kamu sendiri kok. Coba renungkan sebentar… bener nggak?

7. Ada cemilan waktu ngerjain PR oke juga tuh, tapi ati-ati entar jerawatan! (anakmuda.net)

Posted in: TIPS