THE SHELVES – book review

Posted on June 27, 2010

0


THE SHELVES

Mengubah Dunia Anda Dalam 40 hari

Judul : The 7-40 Journey
Penulis : Jimmy B. Oentoro
Penerbit : Pt. Harvest Citra Sejahtera, Jakarta
Tebal : 175 halaman
Harga : Rp. 30.000,-

Delapan puluh hari adalah waktu untuk seseorang bisa mengelilingi dunia, kata Jules Verne, seorang penulis science-fiction terkenal dari Prancis. Around The World in 80 Days mengisahkan betapa 80 hari saja dapat memberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan seseorang.

Buku The 7-40 Journey menawarkan hal yang lebih fundamental untuk seseorang bisa memberi dampak dengan menggunakan hanya setengah dari waktu untuk mengelilingi bumi versi Verne. Buku ini memaparkan 7 prinsip keunggulan yang akan menuntun individu untuk “mencapai potensi mereka yang tertinggi, yaitu mereka yang ingin memberikan dampak positif bagi orang-orang di sekitarnya dan dunia pada umumnya”. Dilengkapi dengan jurnal penuntun untuk memonitor perubahan yang terjadi selama 40 hari, The 7-40 Journey juga sarat dengan kisah-kisah inspirasional yang menggugah mengenai orang-orang yang berhasil melakukan pencapaian luar biasa dalam hidup mereka.

Sang penulis yang juga seorang komunikator trampil dan pemimpin yang kreatif, Jimmy B. Oentoro, memaparkan bahwa hidup setiap manusia adalah sebuah “perjalanan” sebelum akhirnya tiba pada “stasiun kekekalan”. Selama dalam “perjalanan”, manusia membutuhkan rambu-rambu dan tujuan yang jelas. Tanpa keduanya, manusia hanya akan berputar-putar tanpa arah dan akhirnya menjadi frustasi. The 7-40 Journey menawarkan 7 prinsip yang akan berfungsi sebagai rambu-rambu perjalanan kehidupan agar pada akhirnya setiap orang dimungkinkan untuk memiliki hidup yang penuh arti dan penuh kuasa di bawah bimbingan Sang Maestro.

Perjalanan 40 hari Anda dimulai dengan refleksi mengenai posisi Anda dalam kehidupan dan perubahan apa yang benar-benar Anda inginkan dalam hidup. Dengan prinsip bahwa pikiran merupakan kunci pencapaian, penulis menekankan bahwa “Bila Anda dapat mengimajinasikan sesuatu, maka Anda akan mendapatkannya”.

Setelah tujuan ditetapkan, perjalanan dilanjutkan dengan telaah mengenai orang-orang di sekitar Anda yang paling banyak memberikan pengaruh dalam kehidupan Anda. Bagian ini mengajak Anda untuk melihat kembali siapa sahabat-sahabat Anda dan bagaimana mereka dapat berperan dalam pencapaian tujuan hidup yang telah Anda tetapkan.

Prinsip selanjutnya akan mengajak Anda menggali potensi diri dan memaksimalkan kualitas keunggulan yang Anda miliki dalam mewujudkan perubahan fundamental dalam kehidupan Anda. Citra diri yang unggul perlu dibangun dan “tambang emas” dalam diri Anda harus digali.

Bagian berikutnya membantu Anda menganalisa tujuan-tujuan atau impian yang ingin Anda capai baik dalam kehidupan berkeluarga, karir, kerohanian, pendidikan, kesehatan, mental, dan hubungan sosial.

Bab selanjutnya mengajak Anda mempertimbangkan resiko dan pengorbanan yang harus dilakukan demi menggapai tujuan hidup Anda. Di sini penulis juga mengingatkan bahwa mempertahankan komitmen dan terus menyuntikkan motivasi positif ke dalam diri adalah hal yang mendasar.

Menjelang akhir perjalanan, Anda diingatkan mengenai misi Anda dalam bekerja, makna kerja keras dan peranan uang dalam hidup.

Untuk memaksimalkan hari-hari Anda, penulis menulis satu bab khusus mengenai pentingnya “sarapan pagi bersama Sang Maestro” setiap hari di mana Anda berkesempatan untuk menantikan petunjuk Ilahi dan belajar mendengarkan suara-Nya.

Perjalanan ini ditutup dengan refleksi mengenai hasil dari perubahan yang telah Anda rencanakan di awal perjalanan. Bagian paling akhir juga mengingatkan tentang kasih sebagai hal yang paling penting dalam kehidupan ini dan setiap perubahan yang terjadi seharusnya berlandaskan akan kasih.

Genaplah perjalanan 40 hari. Anda mengenal Sang Maestro secara lebih mendalam dan kehidupan Anda diubahkan secara ajaib menjadi kehidupan yang penuh arti. ** (Sandra Lilyana)

MamaOla

Posted in: BOOK