TUA-TUA

Posted on July 11, 2010

0


Wahyu 5:8-11

Dalam kitab Wahyu diceritain tentang tua-tua yang tinggal dekat sama Tuhan, mereka dianugerahi mahkota emas, mereka banyak memuji dan menyembah Tuhan. Mereka tinggal di Surga yang luar biasa asyiknya itu! Pengen nggak kita ada di sana juga suatu saat nanti?

Wahyu 4:4

Tua-tua itu pake baju putih, lambang perbuatan benar. Kalau kita mau jadi seperti tua-tua itu, duduk di atas tahta (mendapat tempat di Surga), dan pake mahkota (lambang upah untuk semua jerih lelah kita buat Tuhan) maka kita juga harus pake pakaian putih.

Secara rohani, pakaian putih itu menggambarkan keadaan hidup setiap kita. Apa kita sudah punya kehidupan yang OK? Udah belon kita pake pakaian putih? Hei, coba deh kita perhatiin soal pakaian rohani ini, soalnya ada 3 jenis pakaian rohani dalam FT yang kita perlu tahu!

  1. 1. PAKAIAN PUTIH = perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.

“Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih! (lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus)” – Wahyu 19:8

Kalo kita mau dikasih pakaian putih sama Tuhan, kita musti mulai ngelatih diri kita untuk melakukan FT dalam hidup kita sehari-hari. Ayo kita belajar ngelakuin FT di sekolah, di kampus, di kantor, di antara sohib-sohib kita, juga di rumah kita. Ayo kita belajar buat nggak nyontek lagi, nggak tipsani (tipu sana-sini), nggak gosip lagi, nggak teler lagi, nggak ikut-ikutan bikin dosa hanya supaya kita nggak dianggap kuper! KEPUTUSAN! Itu yang kamu perluin buat bisa belajar hidup benar di dalam Tuhan, dan itu keren banget!

  1. 2. PAKAIAN CEMAR = perbuatan dosa.

“…dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa” – Yudas 1:23

Kalo kamu masih hidup dalam dosa, ayo bertobat! Sampe kapan kamu mau tinggal dalam keadaan seperti itu? Kalo Tuhan larang kita hidup dalam dosa, itu bukan gara-gara Dia seneng bikin hidup kita terkekang. Semua itu Tuhan buat karena Tuhan tahu bahwa apa yang ditawarin iblis itu nggak ada yang baik, semuanya cuma kedok buat ngejerat hidup kita.

30 tahun lalu ada anak muda yang keren & fungky buat anak muda jaman itu. Untuk tetep keren & fungky itu dia lakuin semua dosa, termasuk ngisep ganja, dan banyak dosa lainnya. Dia BAHAGIA SAAT ITU. Sekarang dia udah umur sekitar 50-an, dan udah sejak lama, waktu temen seumurnya masih pada sehat, dia udah susah gerak. Sarafnya terganggu gara-gara ganja yang banyak dia isep, gara-gara semua dosa yang dia nikmati di masa mudanya. Dia nyesel banget untuk itu semua, sayangnya penyesalan itu terlambat datang.

Kamu nggak perlu seperti itu! Cepet ambil keputusan yang bener, Tuhan nunggu kamu, tangan dan hatiNya selalu terarah untuk kamu.

“Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” – 1 Yoh 1:9

  1. 3. PAKAIAN PALSU

“Ia berkata kepadanya: Hai Saudara, bagaimana engkau masuk ke mari dengan tidak mengenakan pakaian pesta?” – Matius 22:11-12

Ada juga orang yang dateng ke Tuhan seakan-akan pake ‘baju pesta’, tapi Tuhan tahu mana baju putih yang benar, mana baju putih yang palsu. Ada orang yang mikir bahwa kita bisa dapet baju putih yang bener dengan hanya sering ke Gereja, ikut pelayanan, dsb, tanpa mau belajar ngelakuin FT dalam hidup kita sehari-hari. Sorry ya, GF! nggak bermaksud sinis, tapi itu palsu! Persembahan, aktif ke Gereja, aktif dalam melayani, itu semua bagus dan perlu. Tapi tanpa kehidupan sehari-hari yang benar, semua itu percuma. Tuhan Yesus nggak bisa ditipu.

“Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan” – Matius 9:13a

Ayo kita mulai belajar hidup sesuai FT dalam kehidupan kita sehari-hari, jangan sampe penyesalan datang terlambat. Perhatikan pakaian rohani kita, OK? GBU! (and)

Tagged: , ,
Posted in: ARTIKEL