KISAH PENAMPAKAN TUHAN YESUS

Posted on July 13, 2010

0


Tanggal 15 April yang lalu kita ngerayain kebangkitan Tuhan Yesus. Kalo Tuhan Yesus udah menang dari maut, berarti kita yang percaya di dalam Dia juga dapet kemenangan yang sama dengan Tuhan kita. Asyik banget, ya?! Terus 24 Mei nanti, kita bakal memperingati kenaikan Tuhan Yesus ke Surga. Nah, sebelon kenaikanNya ke Surga, Tuhan Yesus banyak menampakkan diri sama murid-muridNya buat melawat & menguatkan mereka.

Siapa aja sih yang ngalamin penampakkan diri Tuhan? Pasti ada sesuatu yang kita bisa belajar, supaya dalam hidup ini kita juga nggak sampe ketinggalan lawatan Tuhan yang bakal bikin kita jadi OK di dalam Dia.

  1. Yohanes 20:11-18

Yang pertama Tuhan temuin adalah Maria Magdalena. Maria Magdalena ternyata ikut Tuhan bukan karena pengen dapet TH atau berkat dari Tuhan, lebih dari itu, dia sayang.. banget sama Tuhan. salah satu buktinya, dia yang paling dulu pergi ke kuburan Tuhan Yesus, dia juga sedih.. banget, sampe nangis, waktu dia pikir tubuh Tuhan Yesus dicuri orang.

Waduh, luar biasa, ya? Kalo kita gimana? Boro-boro yang pertama pergi ke kubur Tuhan Yesus, ke Gereja aja sering males, kalo dateng pun sering yang paling belakang, alias telat melulu. Wah, kita musti belajar tuh buat nggak cuek-cuek aja sama Tuhan, belajar yuk buat ikut Tuhan bukan karena yang lain-lain, tapi karena sayang sama Tuhan.

Gimana caranya bisa sayang sama Tuhan? Jangan paksa diri buat itu, nggak efek! Coba deh, renungin kebaikan Tuhan dalam hidup kita, waktu kita lemah Dia tetep aja nolongin kita; waktu kita mau ninggalin Tuhan, Tuhan nggak pernah ninggalin kita, dsb. Pokoknya nggak ada yang sayang sama kita seperti Tuhan Yesus! Kalo kita sadar betapa baiknya Tuhan sama kita, yang sebenernya nggak layak buat disayang sama Tuhan ini, maka pasti rasa sayang sama Tuhan juga bakal muncul.

  1. Yohanes 20:19-23

Berikutnya Tuhan Yesus menampakkan diri sama murid-muridNya. Tuhan sayang semua orang, tapi murid-muridNya selalu punya tempat yang khusus di hati Tuhan. Selama hidupNya di dunia sebagai manusia, Tuhan investasiin sebagian besar waktuNya buat muridNya. Tuhan nggak ngumpulin jemaat, tapi Dia nyiapin murid! Kenapa? Soalnya murid itu lebih dari sekedar jemaat, murid adalah mereka yang lebih dari sekedar percaya bahwa Yesus Tuhan, tapi murid adalah mereka yang mau belajar ngelakonin Firman Tuhan dalam hidupnya, berapa pun harga yang harus dibayar. Kamu udah jadi murid Tuhan belon? Kalo kamu jadi muridNya, jangan kuatir deh, kamu punya tempat khusus di hati Tuhan.

  1. Yohanes 20:24-29

Yesus nampakin diri pada Thomas. Thomas tuh ngelambangin orang Kristen yang kurang beriman. Kalo kamu belon jadi murid Tuhan yang radikal, nggak berarti Tuhan nggak perhatiin kamu. Tuhan Yesus itu sayang banget sama semua orang, seperti apa pun keadaan kita. Kadang kita bisa lemah, loyo dan nggak kuat lagi buat ikut Tuhan. Tapi biar gitu, Tuhan tetep sayang sama kamu, dan Tuhan Yesus tetep bakal nemenin, nolongin kamu. Tapi jangan juga terus ada dalam kelemahan kita, dong? Thomas aja akhirnya bangkit dari keadaannya dan ngelayanin Tuhan dengan bener-bener, sampe akhirnya doi mati syahid di India.

  1. Yohanes 21:1-14

Tuhan juga nampakin diri kepada murid-murid yang lagi frustasi. Petrus, dkk lagi frustasi berat waktu itu. Mereka kembali lagi ke dunia lama mereka, ninggalin apa yang Tuhan mau buat mereka lakuin. Tapi Tuhan nggak pernah ninggalin mereka di dalam kegagalan mereka, Tuhan tetap menyertai mereka supaya mereka bisa bangkit dari kegagalan mereka, begitu juga dengan kita.

Kenapa akhirnya murid-murid bisa bangkit lagi dari kegagalan mereka? Mereka belajar buat kembali taat dengan Firman Tuhan. Waktu Tuhan berfirman ‘tebarkan jala…’, mereka menebarkan jala walau hal itu nggak masuk akal. Mereka belajar buat kembali ‘mengejar’ Tuhan. Waktu Petrus tahu bahwa ‘itu Tuhan!’, dia langsung nyemplung ke laut, berenang melawan ombak, berusaha kembali mendekat pada Tuhan. dan dia berhasil mendapatkanNya kembali.

…mendekatlah kepada Tuhan selagi Tuhan berkenan ditemui…

Hei, Tuhan Yesus udah bangkit dari maut, Dia bangkit supaya kita anak-anakNya punya kuasa atas maut dan segala kuasa gelap yang ada di dunia ini! Nggak usah takut mati, di dalam Dia kita punya jaminan buat masuk ke dalam Surga waktu Dia datang kembali kelak. Tuhan bakal datang menjemput kita, GerejaNya, kalo Injil udah diberitain sampai ke ujung bumi. Secara global sih Injil udah masuk hampir ke semua daerah, tapi masih ada pelosok-pelosok yang belum pernah denger Injil, dan pasti masih ada temen atau keluarga kita yang juga belon di dalam Tuhan. Tunggu apa lagi? Tuhan udah baek banget sama kita, sekarang waktunya kita semua juga ikut ambil bagian dalam pekerjaan Tuhan! Kabarkanlah Injil, jadilah murid Tuhan yang radikal!! Bawa jiwa-jiwa datang pada Tuhan, dan jadikan mereka murid Tuhan sama seperti kita. OK, deh!!

…apakah engkau mengasihi Aku? Ya Tuhan, engkau tahu kalau aku mengasihiMu. Gembalakan domba-dombaKu…

Posted in: ARTIKEL